Cara Mengatasi Mobil Tidak Mau Distarter

by Admin on November 23, 2011

starter-mobil

Banyak pengemudi mobil yang kerap kali menghadapi masalah dengan menghidupkan mesin mobil atau Mobil Tidak Mau Distarter. Hal ini seringkali terjadi pada pemilik mobil yang sama sekali tidak tahu mengenai masalah mobil sehingga menjadi permasalahan tersendiri bagi mereka, apalagi jika kesulitan menghidupkan mesin mobil tersebut terjadi di saat-saat darurat.  Bagi pengemudi mobil perlu untuk mengetahui langkah-langkah tepat untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi. Salah satu langkah yang perlu dilakukan jika kesulitan menghidupkan mobil terjadi adalah dengan melakukan beberapa pemeriksaan.

Pemeriksaan pertama yang perlu dilakukan adalah sistem listrik yang ada pada mobil. Dalam hal ini pengemudi harus tau jenis mobil yang dimiliki, apakah tipe mobil konvensional atau yang sudah modern. Mobil modern biasanya dilengkapi dengan fasilitas CDI. Mobil dengan sistem CDI atau sudah dilengkapi dengan rangkaian elektronik, maka pengemudi harus lebih berhati-hati dalam melakukan tindakan-tindakan tertentu pada mobil. Akan lebih baik jika mobil dibetulkan oleh mekanik yang sudah paham betul dengan kondisi mobil serta dilengkapi dengan alat-alat tertentu khusus untuk mobil jenis modern ini.

Pada umumnya mobil tidak mau distarter diakibatkan oleh dua faktor yaitu sistem aliran listrik aki yang sudah tidak baik dan ketersediaan listrik dinamo pada mobil jenis konvensional yang sudah tidak bagus. Tetapi jika kerusakan ada pada CDI maka mobil perlu dibawa ke bengkel karena CDI karena banyak hal-hal rumit yang hanya bisa diketahui oleh bengkel untuk penanganan yang tepat. Umumnya pengemudi bisa mengetahui apakah aki dalam keadaan bagus atau tidak atau apakah air dalam aki masih ada atau sudah kosong dengan melihat indikator yang ada pada bagian atas aki. Kalau tidak ada kerusakan pada api maka langkah selanjutnya adalah melihat pada platina dan kondensor mobil karena kemungkinan kerusakan ada pada platina atau kondensor tersebut.

Pengemudi harus melihat ke plat untuk mengetahui apakah kondisi plat sudah kusam atau tidak. Kondisi sudah kusam mengindikasikan platina sudah tidak dapat dialiri listrik. Platina yang sudah kusam bisa diperbaharui dengan membersihkannya untuk mendapatkan aliran listrik kembali. Tapi jika masih tidak bisa, berarti platina perlu diganti dengan yang baru. Jika tidak ada masalah dengan platina maka pengemudi bisa melihat ke kotak sekring untuk mengetahui apakah kawat pada kotak sekring masih tersambung atau tidak. Jika kawat sudah putus maka pengemudi perlu mengganti sekring baru, jika tidak maka pengemudi bisa menggunakan kabel sebagai pengganti. Tetapi hanya untuk sementara waktu saja.

Jika kondisi sekring masih bagus, maka perlu melakukan pemeriksaan ke filter atau penyaring karburator. Jika karburator dalam keadaan kotor maka bisa dibersihkan dengan menggunakan kuas atau sikat gigi. Tetapi jika semua pemeriksaan dan pembersihan sudah dilakukan namun mobil tidak mau distarter, maka pengemudi perlu untuk membawa mobil ke bengkel seperti yang dilakukan pada service berkala Suzuki untuk mengetahui masalah utamanya guna mendapatkan penanganan yang tepat.

{ 2 comments… read them below or add one }

pelangsing cepat pelangsing cepat January 3, 2013 at 2:26 am

terimakasih infonya..sangat membantu kebetulan mobil saya mengalami hal serupa…

Reply

nana suryana nana suryana February 15, 2013 at 7:47 am

hatur nuhun

Reply

Leave a Comment