Grand Vitara 2.4 Review

by Admin on January 19, 2011

grand_vitara_2.4_front imagesMemasuki tahun 2011, tentu saja Suzuki telah siap dengan produk-produk unggulannya untuk menyaingi kompetitornya. Pada sesi kali ini kami akan sedikit mengulas mengenai Grand Vitara 2.4 yang saat ini cukup digemari oleh konsumen. Melihat dari fitur-fitur yang diberikan oleh SUV yang satu ini, kami sangat yakin bahwa Grand Vitara 2.4 akan semakin laris dibursa Otomotif Indonesia.

Dari sisi eksterior, Grand Vitara 2.4L akan terlihat sedikit berbeda dengan versi sebelumnya yaitu Grand Vitara 2.0L, sehingga tidak terlalu terlihat perubahan design. Beberapa perubahan yang akan anda temui pada Grand Vitara 2.4 antara lain :  Design gril dan bumper depan lebih sporty, melipat kaca spion yang sudah dilengkapi sein  atau fitur Cover Mirror, dan semua itu dilakukan secara elektronik. Salah satu keunggulan dari Grand Vitara 2.4 yang tidak dipunyai oleh jenis SUV lain adalah Lampu utama menggunakan HID (high intensity discharge) projector yang disertai fitur auto leveling dan auto headlamps, sehingga posisi lampu akan mengatur secara otomatis ketika terjadi perubahan pada bodi yang disebabkan oleh penumpang ataumembawa beban lainnya. Tak hanya itu, lampu juga akan secara otomatis menyala saat pencahayaan di luar mulai berkurang (sedikit gelap).

Mesin

grand vitara 2.4 engine imagesDari segi mesin, Grand Vitara 2.4 bisa dikatakan Irit dan Rigit, meskipun menggunakan kapasitas 2.400 cc. Dalam test drive yang dilakukan dengan mengambil rute  Yogyakarta-Salatiga-Semarang melewati kawasan wisata nasional Gunung Merapi, Jawa Tengah yang banyak melalui tanjakan dan belokan, SUV ini hanya menghabiskan 11,8 km/liter. Irit kan? Sementara ATPM mengklaim 12,6 km untuk transmisi manual, lebih jauh 3,6 km dibanding dapur pacu 2.000 cc untuk 1 liter (transmisi manual). Lebih iritnya mesin 2.400 cc 16V 4-inline ini, menurut Bebin Djuana didukung manajemen engine. ”Jadi, mesin ini memang dibikin untuk Grand Vitara 2.4. Di Jepangnya sendiri baru dilaunching sekitar 10 bulan yang lalu,” tegas Deputy GM Marketing 4W Brand II PT SIM itu.

Yang dimaksud dengan Manajemen mesin oleh Bapak Bebin salah satunya adalah program ECU (engine control unit) dan VVT (variable valve timing) yang berfungsi untuk mengatur buka-tutup katup sesuai dengan kondisi kerja mesin, sehingga membuat mesin bekerja secara maksimal dan efisien.

Namun yang menjadi pertanyaan kita, kenapa Grand Vitara 2.4 menggunakan mesin inline dan bukan mesin V6 yang sudah dikenal bahwa vibrasinya lebih halus dari mesin inline. Hal dikakukan oleh Maruti Suzuki untuk menekan biaya produksi sedangkan untuk mengurangin getaran telah dipasang Balancer Shaft. Selain mesin, pada bagian kaki-kaki juga mendapat penyempurnaan. Paling nyata, pemakaian velg yang lebih besar dari R17 menjadi R18.
grand_vitara_2.4_right images

Untuk sistem suspensi, ”Secara teknis, sistemnya tidak berubah. Hanya pada desain ulir (coil spring) dan sokbrekernya. Lalu, pada dudukan gardan belakang pakai braket hidraulis dan yang depan lebih diperkuat (reinforced). ”Sehingga mobil menjadi lebih rigit di tikungan,” bilang Bebin.

Masih dari kaki-kaki, untuk sistem penghenti laju, keempat roda sudah dilengkapi disc brake 4 ventilasi ditambah ABS, EDB dan BA. Untuk interior hampir tak ada beda sama pendahulunya. Kecuali Multi Information Display (MID) menyatu dengan isntrumen indikator. Sementara jam yang sebelumnya berada di tengah dipindahkan ke head unit.

grand_vitara_2.4_right images

Varian dari Suzuki Grand Vitara yang ada saat ini antara lain :

* JLX 2.4 (A/T) dan JLX 2.4 (M/T), dengan fitur sebagai berikut : DOHC, VVT, Radio +CD 2din, MP3, WMA, With Interface and Mid Bass, Multi Information Display (MID) integrated in to meter cluster, Ventilated 4 disc brake with ABD+EBD+BA+Electrical Adjustable and Foldable door mirror with turn signal, Auto head lamp xenon, Alloy whell 18, Dual Airbags, and leather seat.
* JLX 2.0 (A/T) dan JLX 2.0 (M/T), dengan fitur sebagai berikut : DOHC, MPI, Radio + CD player built-in Dashboard, Dual Air Bags, ABD + EBD, Immobilizer, Stop lamp, Rear Wiper, Multi Information Display, Alloy wheel R17, Full Tire Case, Genius Key, Leather Seat, Roof Rail, Head Lamp Xenon.

{ 2 comments… read them below or add one }

runggeari.s February 6, 2011 at 4:21 pm

pak gimana cara kredit GRAN VITARA 2.4:dan DP BERAPA,angsura perbulan berapa?kalau 4thn perbulan berapa?mohon kirim brosur dan persyaratan kredit

Reply

Rieka February 7, 2011 at 2:44 am

@Pak Runggeari : Bapak bisa kontak saya via Kontak Number yang tertera pada website ini dan akan saya berikan/jelaskan Simulasi kredit Grand Vitara 2.4 kepada B.apak

Reply

Leave a Comment