Tips Merawat AC Mobil

by Admin on April 3, 2012

ac mobil

Memasuki kabin dan mendapatkan suasana yang nyaman serta sejuk merupakan dambaan setiap individu yang memiliki kendaraan, khususnya mobil. Nah, kesejukan udara yang didapat didalam sebuah mobil tersebut merupakan hasil kerja dari salah satu komponen tambahan yaitu AC (Air Conditioner). Agar kinerja AC tetap pada kondisi normal, maka perlu ada perawatan khusus dari pemiliknya. Berikut tips merawat AC Mobil yang kami rangkum dari berbagai sumber di internet ;

  • Perhatikan kebersihan kabin mobil Bapak/Ibu serta terutama karpet. Jangan menggunakan karpet yang belum benar-benar kering (lembab) karena ini hanya akan menimbulkan bau tak sedap ketik AC dihidupkan. Baca juga tips membersihkan mobil
  • Ketik Bapak/Ibu melakukan pencucian mobil, jangan lupa untuk membuka kap mesinnya lalu semprotkan air pada Condensor AC sehingga kotoran atau debu yang menempel pada bagian Condensor akan hilang. Debu yang lama menempel akan mengeras yang dapat menyebabkan bagian luar Condensor menjadi keropos
  • Pergantian ExtraFan yang letaknya persis didepan Condensor dilakukan secara berkala terutama ketika tidak bergerak sedikitpun sewaktu AC dihidupkan. Banyak kejadian Compressor rusak atau selang high press bisa meledak karena ExtraFan tidak diganti meskipun sudah tidak bekerja secara baik.
  • Parkirlah kendaraan Bapak/Ibu ditempat yang teduh, karena mobil yang lama diparkir pada area yang panas, tentu saja hawa didalamnya sangat panas dan itu membutuhkan kinerja AC yang tinggi sewaktu Bapak/Ibu menyalakan AC nantinya.
  • Hindari merokok di dalam mobil. Hal ini tidak dianjurkan karena asap rokok dapat merusak Evaporator, selain itu dapat mengganngu penumpang lainnya dan perlu diketahui bahwa nikotin menyebar pada interior mobil dapat menimbulkan bau tak sedap.
  • Tidak dianjurkan untuk memaksimalkan beban AC saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya.
  • Jika AC kurang dingin sebaiknya segera membawa mobil Bapak/Ibu ke bengkel terdekat.
  • Lakukan perawatan ACCU secara berkala dan disini kami menyarankan untuk melakukannya setahun sekali. Pada perawatan ini sebaiknya dilakukan penggantian Receiver Dryer, Oil Compressor, services Blower, Evaporator, kuras Condensor dan Freon.
  • Gunakan parfum mobil terbaik, seperti parfum yang memiliki aroma alami dan tidak menyolok, contohnya aroma kopi, teh, daun pandan, atau jenis kayu-kayuan karena ini akan menambah kenyamanan Bapak/Ibu ketika berkendara.

Jika ada tambahan mengenai tips merawat AC mobil, Bapak/Ibu bisa memberikan tipsnya melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan dibawah ini.

{ 2 comments… read them below or add one }

Dian Dian April 23, 2012 at 12:47 pm

Apa penyebabnya bila AC dinyalakan temperatur mesin langsung naik,

Reply

humaedi humaedi March 8, 2013 at 12:13 pm

mobil saya suzuki apv tipe x 2004 suspensi kurang enak keras dan jika masukin gigi satu dan dua keras dan suara mesin kurang enak didengar mohon penjelesan

Reply

Leave a Comment