Tips Merawat Mobil Matic Suzuki

by Admin on March 22, 2012

transmisi matic grand vitara

Berbeda transmisi tentu saja berbeda pula cara merawatnya, dan ini perlu dilakukan oleh Bapak/Ibu yang memiliki kendaraan Suzuki bertransmisi otomatis. JUALMOBILBARUSUZUKI (JBMS) punya beberapa tips untuk merawat mobil matic seperti pada Suzuki SWIFT 2012 yang dirangkum dari beberapa sumber dan bisa dijadikan panduan bagi Bapak/Ibu. Karena harga mobil Suzuki setiap tahun mengalami perubahan, maka perawatan khusus perlu dilakukan agar biaya yang dikeluarkan untuk servispun tidak begitu mahal.

Tips 1 : Slip Kopling

Layaknya seperti penyakit tentu saja awalnya ada gejala-gejala yang memberikan indikasi bahwa seseorang mengidap penyakit pada bagian tubuhnya. Pada mobil matic, amati Slip Kopling yang mana biasanya gejala kerusakan yang ditimbulkan adalah sering terjadi ketidak-adaannya sinkronisasi antara putaran mesin dengan laju kendaraan. Normalnya mobil yang sedang berjalan dan Bapak/Ibu mencoba menginjak tuas gas lebih kebawah tentu saja laju mobil akan semakin kencang, namun jika tidak tentu saja permasalahannya ada pada slip kopling.

Tips 2 : Perpindahan gigi

Perhatikan proses perpindahan gigi dan jika Bapak/Ibu merasakan adanya sentakan, coba pastikan dengan memindahkan perseneling ke posisi D atau R lalu lepas tuas remnya. Jika tak terjadi gejala kerusakan tentu saja mobil akan bergerak namun jika sebaliknya, kemungkinan besar terjadi kerusakan pada transmisi otomatisnya.

Tips 3 : Automatic Transmision Fluid

Kendaraan yang menggunakan transmisi otomatis, tentu saja pada Gearboxnya membutuhkan cairan fluida (Oli) yang dalam bahasa engineernya disebut dengan ATF (Automatic Transmission Fluid) dan kegunaannya tak sepenuhnya hanya untuk melumasi namun juga sebagai media perantara pada piranti hidrolik pada sistim gearbox matic. Jadi yang perlu dilakukan disini adalah untuk selalu menjaga viskositas oli, karena jika kekentalannya turun maka akan mengurangi kinerja mesin matic pada kendaraan Bapak/Ibu. Pada intinya buatlah schedule untuk mengganti oli gearbox.

Tips 4 : Posisi Persneling

Jika kendaraan matic Bapak/Ibu belum benar-benar berhenti, diusahakan agar jangan memindahkan tuas transmisi ke posisi P dan pada saat parkir jangan pada posisi D karena ini akan merusak plat kopling serta tidak aman.

Mungkin Bapak/Ibu punya tips Merawat Mobil Matic Suzuki lainnya? Silahkan berbagi dengan pembaca lainnya melalui kolom komentar dibawah ini.

{ 2 comments… read them below or add one }

bobby salim August 5, 2013 at 12:23 am

Terima kasih atas tips mengenai perawatan mobil matic. saya baru memiliki mobil suzuki swift th 2008 matic.
salam,

bobby

Reply

m.syahril October 6, 2013 at 6:53 am

numpang tanya ya boss,,
aku punya suzuki swift matic 2008,sekarang keadaan stand by selama 3 minggu,tapi untuk cable accu nya aku copot ..gimana ya pak…apa ada dampaknya sama system di mobilnya dan accu nya yaaa….Thankss yaaa

Reply

Leave a Comment